Tutorial Rpg Maker

Tutorial yang tersedia disini, tidak hanya dari saya sendiri, ada juga tutorial yang saya quote dari website-website lain, jadi saya harap tidak ada yang menyalahgunakan tutorial dibawah ini
------------------------------ Saya Akan Membagi Menjadi 2 Bagian Tutorial ------------------------------
  1. Tutorial Share
  2. Tutorial Request

Quote:
Thread Update :
09/01/09 - Thread Created
Spoiler for Tutorial Share:

RPG Maker VX

[RMVX] Membuat Quest Menggunakan Variabel
Spoiler for tutorial:

Translate and Edited By Gudjier in GDI - Original alexia in RMXP.org

*Original Post, No edit*



Diterjemahkan dari sebuah tutorial bikinan alexia di rmxp.org dengan beberapa perubahan^^

Tujuan
Mungkin masih banyak temen2 yang bingung bikin quest pake variabel khususnya bwt para newbie,
jadi gw buatin ni tutorial,
moga2 bisa berguna 'n mdh dimengerti.

Tutorial Bikin NPC
Spoiler for tutorial:
  1. Tentukan tipe quest yang ingin dibuat. Dalam tutorial kali ini gw kasih contoh quest nyari 5 boneka
  2. Buat npc yang akan ngasih quest dengan membuat sbuah event baru, jangan lupa kasih dialog.
  3. Gw pake kakek2 bwt ngasih quest, ketika player tanya sama dia,
    dia akan menyuruh player buat nyari 5 boneka
  4. Sekarang waktunya bwt mainin variabel, klik "control variables" pada event-page prtama.
    gw milih variabel 1 dan ngasih nama "boneka", namanya gak akan pengaruh tp kasih nama yg mdh diingat bwt apa gunanya tuh variabel.
  5. Klik "set" (dibawah "operation") dan "constant 5" (dibwh operand),
    5 itu total boneka yg mau dicari, jd logikanya gini: ketika player nemu 1 apel variabelnya akan berkurang 1,
    dan ktika variabel brnilai 0 berarti player telah mnemukan semua apel (5) dan questnya sukses,
    ini akan dijelaskan lbh lanjut nanti...
  6. stelah km bwt variabel, km jg butuh sbuah 'switch',
    sbg cntoh gw milih switch 1 trs dinamain "quest boneka". 'turn on' switch ini.
    Ini bertujuan agar player tdk dpt ngumpulin boneka sblm dpt quest.
  7. Terakhir, 'turn on' self switch A, dan bikin 1 event page dg condition self switch A is on,
    kosongin aja page ini (g usah diutak-atik), tujuannya biar si kakek nggak ngasih quest lg
    jika km ngomong sm dia.




BIKIN EVENT BONEKA (QUEST OBJECTS)
Spoiler for tutorial:
  1. Sekarang buat obyek questnya, pd tutorial ini,
    gw cm pake 1 map, sbnernya km bs bikin boneka itu tersebar di beberapa map brbeda.
  2. utk bikin obyek quest, km prlu 5 buah event boneka.
    Bwt aja 1 buah event boneka trs sisanya tinggal 'copy-paste' tp nanti kalo eventnya dah jadi.
  3. jadi, buat event dg gbr boneka (gw pake yg udah ada di tilesets RMVX),
    bwt 'condition' dmana ktika switch "quest boneka" telah on,
    player mdptkan sbuah apel (km bs kasih sound effect dan teks,
    km jg bs buat agar boneka itu masuk ke dlm inventory-nya player,
    gunakan command: "change items" utk mlakukannya)
  4. Tambahin command "control variables", pilih variabel 1 td (boneka) dan operation-nya pilih "sub",
    tp constant-nya dikasih 1 aja. ini bwt ngurangin 1 buah boneka dari keseluruhan 5 boneka (liat gbr jika bingung )
  5. Buat self-switch lagi (dah tau gunanya kan??), dan pada event page kedua gak usah dikasih gbr boneka lagi.
  6. Trus gimana jika questnya blm ditrima tp udah nge-klik apelnya?
    Di bwh "else" (conditional-branch) km dpt ngasih teks, misalnya:
    "Ah, cm boneka jelek... buat apa diambil!" ini berarti player blm bisa ngambil tuh boneka sebelum si kakek ngasih questnya




  7. Lalu copy-paste event tadi jadi 4 lagi dimanapun km suka


FINISHING
Skrg, gimana caranya yah biar si kakek tau kalo km udah ngumpulin 5 boneka, 4 boneka, dst??
Hohoho...! Gini nih caranya:
Spoiler for tutorial:
  1. Msh ingat sm si kakek? Klik tuh event pada page kedua.
  2. Pertama-tama, cek dulu kondisi utk event-page ini adl ketika self-switch A telah 'on'.
  3. Skrg km butuh conditional-branch lagi, bwt 2 buah agar lebih keren,
    liat gbr di bwh jika bingung
  4. Set conditional-branch ketika variabel boneka 'is equal to 0' berarti player berhasil menjalankan quest.
  5. Jangan lupa kasih hadiah bwt player, trus kalo km memilih utk menambah boneka pada inventory
    jgn lupa utk dihilangkan dg change-items. trus nyalain jg self-switch B.
  6. Kemudian, km bwt event-page ketiga dengan kondisi self-switch B telah 'on'.
    Jgn lupa kasih gambar kakek karena aneh jika tiba2 dia hilang stelah quest selesai.
    Lalu, jika player bicara sm si kakek stelah quest slesai,
    kasih teks kalo dia brterimakasih sm player.
  7. Skrg, liat event-page 2 lagi. Ingat kalo gw nyuruh km buat 2 buah conditional-branch?
    Maksudnya di bwh 'else' bwt conditional-branch lagi.
    Set kondisi ketika variabel "boneka" 'is equal to 1', jika player memenuhi kondisi tsb,
    si kakek akan bicara "Nak, kurang 1 boneka lagi..."
  8. pada 'else' paling bwh, masukin teks ini: "Tolong nak, tinggal \v[1] boneka lagi..."
    "\v[1]" itu jumlah variabel nomor 1 yg tersisa,jd jika km memulai dg constant=5
    dan udah ngumpulin 3 boneka, berarti 5 dikurangi tiga dan sisanya 2.
    Nanti si kakek itu bakalan ngomong: "Tolong nak, tinggal 2 boneka lagi..."





SELAMAT!!! Kamu telah berhasil membuat quest menggunakan variabel!
Gw harap tutorial ini berguna bagi temen2 semua
Jika ada yg bingung silakan tanya aja...


[RMVX] Charset Generator By Website (online)
Spoiler for tutorial:

Idea by superkudit & translated by Me

Langsung Aja, karena ini membutuhkan internet yang agak kencang, paling tidak setingkat speedy dan sejenis nya, Harap tunggu loading Webpage Selesai baru mulai membuat charset tersebut, jika tidak bisa terjadi jeda... yang mengakibatkan charset tidak tergabung sempurna...

kita tidak perlu memakai translate seperti google translate atau apa, karena itu akan mempengaruhi kecepatan internet, akan lebih melambat dan tampilan bisa berantakan...

website nya
nah, tunggu dulu website nya load selesai... baru kita mulai !!

first Step :



pilih mau Male Character / Female Character

setelah itu :



ada bagian-bagian diatas, bahasa inggris nya :
dari kiri ke kanan :
Hair - Add Hair - Dress - Cloak - A Decoration - Decoration 2 - Bonus

Hair : Rambut Dasar, Wajib, Kalo ga botak...
Add Hair : menambah rambut, bagian belakang, ada kepang dll...
Dress : pakaian, kayak nya si standart... Wajib ada, kalo ga ya bugil...
Cloak : Jubah, boleh dipakai ataupun tidak...
A Decoration : dekorasi, saya lihat sih, nambah kumis, shoulder, syal, pita kupu2
Decoration 2 : Kacamata, helm, bunny ear
Bonus : Wing/Sayap

Cara Pakai nya :



Tunggu sampai page tidak load lagi, klik salah satu nya, tunggu sampai gambar diprimary nya berubah, setelah itu baru tambah lagi ditab lain... cukup diclick sekali...

Final Step : Saving



klik tombol kayak diatas, setelah itu ada pilihan save aja kemana, habis itu baru buka RMVX untuk import, baru itu ditest...

finish !



[RMVX] Coloring Name Bar
Spoiler for tutorial:

Tutorial By SetsunaKun

*original Post, No Edit !*

Nih dia akhirnya sempat juga aq ngepostkan.
Buat bikin text dalam RPG Maker VX/XP kamu jadi berwarna.

Step 1 :
Pertama-tama buat 1 event, kalo punyaku seh eventnya kasi nama NPC.
Terus atur deh mukanya gimana (khusus VX mudah, kalo XP tentuin aja koordinat picturenya).
Lalu biar lebih mirip NPC kasi nama di atas kayak gene deh.
NPC :
Hello Selamat siang.

Kalo udah gitu di depen ama belakang text NPC masukin kode gene :
\C[18]NPC\C[0] :
Hello Selamat siang.

\C[18] artinya memanggil color no.18 dari Windowskin kamu. 18=Merah.
Sedangkan \C[0] artinya mengembalikan text setelahnya ke default yaitu Hitam.
Jelasnya liat ni image.



Hasil dari image di atas ya seperti ini.
[ Cuekin aja variabel yang aq buat, itu biar kata2 NPC nya rada beda aja koq ]



How bout it?
Next kalo ada yang pengen tau yang laen post aja, sapa tau bisa bantu.



RPG Maker XP


Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1334037